Abner Sarlis Tindi

Bernama lengkap Abner Sarlis Tindi, dilahirkan di Karatung Kecamatan Nanusa, Kabupaten Kepulauan Talaud provinsi Sulawesi Utara. Penulis menamatkan pendidikan Sekolah Dasar Negeri (SDN Inpres) tahun 1991 dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri tahun 1994 di Karatung Kecamatan Nanusa. Setelah itu melanjutkan pendidikan ke Sekolah Menengah Umum (SMU) Negeri 1 Lirung di Lirung, Talaud dan tamat pada tahun 1997.

Pada tahun 2001, penulis melanjutkan ke pendidikan tinggi pada Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Almamater Wartawan Surabaya (STIKOSA-AWS), dan di wisuda pada tahun 2005.

Dalam perjalanan kariernya, penulis pada tahun 2009 mengikuti seleksi dan lulus sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Kabupaten Kepulauan Talaud. Surat Keputusan sebagai CPNS tertanggal 1 Januari 2010. Penempatan pertama pada Kantor Camat Nanusa, Kecamatan Nanusa, Kabupaten Kepulauan Talaud pada tahun 2010-2012.

Selanjutnya penulis di mutasi sebagai staf bidang Program dan Informasi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kepulauan
Talaud (2012 – saat ini).

Tahun 2013, penulis mendapatkan kesempatan meneruskan pendidikan pada Pascasarjana (S2) Ilmu Komunikasi, konsentrasi Manajemen Komunikasi, FISIPOL Universitas Gadjah Mada (UGM) yang dibiayai beasiswa dari Kementerian Informasi dan Komunikasi (Kominfo) setelah mengikuti seleksi beasiswa pada tanggal 6 Juli 2013 di Yogyakarta.

Setelah di wisuda pada tanggal 19 Januari 2016, penulis mendaftarkan diri pada program S3 Studi Kebijakan UGM, dan diterima di program tersebut pada bulan Juli 2016.

Bidang pariwisata merupakan konsentrasi yang sedang digelutinya dalam program doktoral yang diikutinya. Harapannya suatu saat, bisa menjadi pakar pariwisata Indonesia.

Kini, di sela-sela kesibukannya sebagai mahasiswa Doktor Studi Kebijakan, penulis berusaha meluangkan waktunya untuk mendokumentasikan perjalanan hidupnya, dalam sebuah buku yang ditulisnya berjudul “Sang Putra Pasifik Mengejar Mimpi: mendayung dari bibir Pasifik hingga ke puncak Merapi”. Buku yang berada di tangan anda ini merupakan peristiwa hidupnya yang ditulis kembali agar dapat dibaca dan dinikmati oleh semua orang, lintas generasi, di segala abad dan tempat di berbagai belahan bumi ini.

Scroll to Top